Kapan Tanggal Jatuhnya 1 Ramadhan 1438 H Tahun 2017

Kapan Tanggal Jatuhnya 1 Ramadhan 1438 H Tahun 2017 – Menjelang bulan suci yang akan datang beberapa hari lagi, mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui kepastian hari dan tanggal berapa mulai masuk puasa tahun ini. KabarGue pastinya akan menjawab kegelisahan anda tersebut agar bisa mempersiapkan diri sejak sekarang.

Apakah nantinya kembali akan terjadi perbedaan awal puasa antara pihak Muhammadiyah dengan Pemerintah, kita masih menunggu kepastian dari Kementerian Agama selaku penanggung jawab dan yang mentukan versi pemerintah. Kabar yang beredar di sejumlah media bahwa tiket untuk mudik sudah banyak yang ludes dibeli masyarakat, hal tersebut kembali menunjukkan antusias masyarakat terhadap budaya mudik sebelum lebaran. Dan semestinya hal ini tidak dicoreng dengan perbedaan yang bisa saja berujung pada perdebatan yang mengakibatkan permusuhan.

Tanggal Jatuhnya 1 Ramadhan 1436 H Tahun 2015

Dan ternyata 1 Ramadhan 1438 H jatuh pada tanggal 25 Mei 2017 menurut versi Muhammadiyah. Sedangkan awal puasa 2017 versi Pemerintah hingga posting ini belum BeritaSaja.com dapatkan kejelasannya, mungkin akan menunggu pemantauan hilal beberapa hari sebelum masuk bulan suci. Masyarakat diminta tenang dan tidak terpengaruh gosip-gosip yang bisa memecah belah persatuan dan membuat keresahan seperti kabar beredarnya beras plastik yang ditengarai sebagai perbuatan makar atau ingin meruntuhkan kekuatan pemerintahan resmi di sebuah negara berdaulat.

UPDATE: Hasil sidang Isbat Kementerian Agama tanggal Mei 2017 tadi malam menetapkan 1 Ramadhan 2017 versi Pemerintah jatuh pada tanggal Mei 2017.

Agar anda tidak mendapatkan harga mahal saat berbelanja keperluan puasa, maka sebaiknya berbelanjalah beberapa pekan sebelum tanggal 1 Ramadhan 2017. Karena kemungkinan besar ada peningkatan harga sebesar 30-40 persen saat sudah masuk puasa nanti. Kebutuhan yang meningkat oleh warga Muslim tentu akan membuat pasokan menjadi menipis atau cepat habis, inilah faktor utama penyebab kenaikan harga bahan pokok alias sembako selain kemacetan dan rusaknya infrastruktur jalan yang dilalui dan mengakibatkan keterlambatan sampai ke pasar yang jadi sentra jual beli.

Kapan awal puasa Ramadan 2017 sebenarnya tak perlu anda risaukan, yang terpenting saat ini adalah siapkan diri untuk bisa beribadah dengan khusuk. Belilah Al Qur’an jika di rumah belum ada. Mulailah belajar tentang agam yang masih terasa kurang. Belajarlah mengaji yang baik dan benar, dan lebih bagus lagi kalau anda mencoba untuk menghafal setiap ayat-ayat suci Al-Qur’an sehingga bisa menjadi seorag hafiz, Amin.

error: