Syarat Membuat KTP Elektronik (e-KTP) di Kelurahan, Kecamatan atau Dukcapil

Syarat Membuat KTP Elektronik – Kemana anda akan mengadu kalau ada pegawai pemerintahan yang meminta pungutan liar saat akan membuat atau mengurus persuratan atau dokumen administrasi di kantor kelurahan, kecamatan, kabupaten serta dinas-dinas? Ini tentu saja jadi buah simalakam karena anda membutuhkan kelengkapan dokumen tersebut namun perlu melaporkan oknum yang akan mengurusnyas.

Maka sebaiknya rekam saja videonya lalu upload ke sosial media. Saat ini sedang heboh pembuatan eKTP, pemerintah seperti dipaksa untuk segera membuatnya karena dulu banyak yang tidak ikut perekaman saat program ini mulai diadakan oleh pemerintah di era kepemimpinan Pak SBY. Perlu andaketahui bahwa jika anda tidak memiliki eKTP, maka nantinya ada beberapa urusan yang mungkin sulit dilakukan. Misalnya menikah 😀 What? Sulit? Ya, selain itu adalah urusan di Bank, Imigrasi, BPJS dan tentu saja membuat SIM.

Apa saja persyaratan membuat KTP bagi pemula ? Kalau anda masih baru maka mungkin akan banyak syarat yang perlu dibawa ke kelurahan, kecamatan atau dukcapil (kantor pembuat KTP ini tergantung kebijakan daerah anda, kalau di Jakarta cuma di Kelurahan). Para pemula mungkin perlu membawa sura pengantar dari RT/RW, lalu Kartu Keluarga dan mungkin juga Akta Lahir, tapi lebih jelasnya tanyakan langsung ke kantor pemerintah terdekat dari rumah anda.

Persyaratan Menuat KTP Elektronik

Khsusus untuk KTP elektronik ada banyak kemudahan bagi anda, siapapun yang ingin membuat atau menertbitkan maka persyaratan membuat e-KTP sangat sederhana, yaitu:

  • KTP lama
  • Foto Copy Kartu Keluarga (KK)

Hanya dua itu saja,s ebaiknya fotocopy dan bawa aslinya dari dua dokumen tadi. Perlu anda ketahui bawah informasi penduduk yang dicantumkan dalam e-KTP ditunjukkan pada kartunya langsung kalau sudah jadi antara lain terdapat:

Nama
Tempat/Tgl Lahir
Jenis Kelamin
Alamat (RT/RW, Kel/Desa, Kecamatan)
Agama
Status Pekerjaan
Kewarganegaraan
Berlaku Hingga
Foto
Tanda Tangan
NIK

Lumayan banyak info yang bisa dilihat pada KTP tersebut, dan konon katanya tak ada lagi tanggal kadaluarsanya kalau membuat yang baru dan yangs udah punya lalu ada tanggal batas akhir maka tidak perlu lagi diperpanjang. Cara membuat KTP online sendiri sampai saat ini belum bisa dilakukan, entah apa kendalanya tapi pasti akan sulit melakukan perekaman sidik jari, retina mata dan sebagainya kalau melalui online.

Jika anda saat ini masih bingung mengenai cara membuat KTP sendiri maka sepertinya anda perlu banyak mendengar atau melihat berita. Tidak usah lagi pakai calo, tidak perlu ke RT / RW yang kadang memalak anda dengan pungli macam-macam. Saatnya berbenah, lakukan semua hal sendiri tanpa ada pungutan liar yang tidak mengenakkan hati saat ingin mengurusan pembuatan eKTP.

error: