Persyaratan Pendaftaran STR Baru Untuk Perawat, Bidan dan Ners

Persyaratan Pendaftaran STR Baru – Inilah ironi di negeri yang katanya ingin maju, tenaga kesehatan yang sudah berjuang menempuh pendidikan selama minimal tiga tahun harus dihadapkan pada persoalan selembar kertas yang disebut Surat Tanda Registrasi. Bahkan ada informasi kalau tanpa surat ini mereka tidak dapat mencari pekerjaan dengan mudah, benarkah?

Desas-desus di kalangan perawat, bidan maupun ners menyebutkan kalau mau mendapatkan STR butuh waktu lama. Bahkan ada sumber yang tak mau disebutkan identitasnya sudah menunggu 1,5 tahun tapi belum mendapatkannya. Memang ada beberapa syarat dan uji kompetensi yang harus dipenuhi sebelum mendapatkannya. Dan apakah regulasi ini memberatkan mereka? Ini yang harus dikaji kembali oleh pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

Persyaratan Pendaftaran STR Baru

Dari informasi yang KabarGue.Com dapatkan, pihak yang menerbitkan STR ini adalah Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia yang masih di bawah naungan Kemenkes seperti terlihat pada alamat website mereka yang merupakan subdomain dari situs Kemenkes. Apakah ada diantara anda yang ingin mengetahui syarat-syarat pendafataran STR baru, berikut adalah persyaratan lengkap yang berhasil kami dapatkan.

Sebelum melangkah ke persyaratan, anda harus ketahui bahwa pendafataran STR atau Surat Tanda Registrasi bagi perawat, bidan dan ners dilakukan secara online. Untuk itu sahabat KabarGue.Com diminta untuk melakukan registrasi oneline melalui http://mtki.kemkes.go.id lalu selanjutnya siapkan yang berikut ini setelahnya.

Pendaftaran STR Baru

  1. Print out Formulir 1a Lembar 1 dan 2
  2. Upload pas foto background merah
  3. Fotocopy Ijazah Pendidikan terakhir legalisir 2 lembar
  4. Fotocopy Transkrip Nilai legalisir 2 lembar
  5. Fotocopy Sertifikat Kompetensi (baru berlaku untuk lulusan DIII Keperawatan, bidan, dan ners)
  6. Surat Keterangan Sehat dari dokter yang telah memiliki SIP
  7. Bukti asli setoran tunai PNBP (lembar warna kuning) atas nama pengusul sendiri yang ditujukan ke Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebesar Rp.100.000,- (seratus ribu rupiah) yang ditujukan kepada BPn182 Pusat Peningkatan Mutu SDM Kes dengan nomor rekening 0193.01.00186

Sampai di sini sudah cukup jelas, semoga anda tidak mengalami hambatan dalam mengurus dan semoga tidak bertemu oknum rakus yang sering meminta pungutan liar. Bayarlah sesuai nominal biaya mengurus STR di atas dan bayarkan ke rekening yang tertera.

Lalu ikuti proses selanjutnya sesuai arahan pada website resmi http://mtki.kemkes.go.id. Jika menemukan keanehan dalam proses tersebut, jangan sungkan kembali ke sini memberi komentar dengan cara bagikan di facebook agar dilihat oleh netizen dan segera mengungkap kebenarannya. Kita ingin tenaga kesehatan dtidak dibebani hal-hal yang tidak selayaknya anda dapatkan. Sukses selalu dan selalu berjuang untuk Indonesia sehat..! 🙂

error: