Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Berbicara tentang makanan, sangat penting khususnya untuk ibu hamil. Makanan yang seimbang atau biasa dikenal dengan semboyan 4 sehat 5 sempurna tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak maupun orang tua saja. Makanan yang bergizi sangat perlu diperhatikan selama kehamilan.

Tidak bisa dipungkiri saat hamil seseorang biasanya mengalami masa ngidam yang mana menurut mitos jika ngidam tidak dituruti maka anak saat sudah lahir akan mengeluarkan iler terus menerus. Ini tentu saja hanya sebuah opini yang belum ditemukan pembuktiaannya secara ilmiah. Apakah anda percaya pada mitos atau fakta tentang hal tersebut?

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil


Lalu apa saja yang bisa dikomsumsi ibu hamil selama menjalani masa kehamilannya? Bulan-bulan yang diperlukan untuk asupan yang benar-benar bergizi yaitu pada usia kehamilan memasuki 4 dan 5 bulan, karena pada saat itu pertumbahan otak janin sudah mulai terbentu sehingga asupan bergizi sangat membantu bagi kehidupannya setelah dilahirkan. Biasanya dokter ataupun bidan pada usia kehamilan tersebut menganjurkan ibu untuk mengkomsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat. Contoh makanan yang mengandung zat besi seperti hati ayam, hati sapi, daging, kepiting, bayam, labu, alpukat, kacang kedelai, kacang merah, kurma serta masih banyak pula yang lainnya. Itulah sebagian makanan sehat untuk ibu hamil 4 – 5 bulan yang layak anda coba.

Makanan tersebut bisa dikomsumsi saat hamil, namun jika kurang mencukupi biasanya bidan ataupun dokter akan memberikan vitamin tambahan. Contoh makanan yang mengandung asam folat seperti buah pepaya, jeruk, brokoli, asparagus, jagung, wortel, tomat dan masih banyak pula yang lainnya. Makanan ini didapatkan dengan mudah di pasar tradisional ataupun di supermarket terdekat. Dalam memilih makanan yang dimasak, pastikan benar-benar mencuci dengan bersih dan saat memasak jangan terlalu lama sehingga vitamin yang terkandung tidak akan berkurang.

Menu sehat ibu hamil tidak perlu mengeluarkan budget atau anggaran yang berlebih, makan makanan yang seadanya yang ada di lingkungan sekitar kita tanpa harus keliling pulau untuk mencarinya. Jika anda merasa asupan asam folat tidak mencukupi konsltasikan dengan bidan atau dokter untuk diberikan vitamin tambahan. Dianjurkan tidak memakan makanan yang mengandung bahan kimia seperti minuman bersoda, snack yang mengandung bahan pengawet atapun bahan pewarna kimia yang berbahaya bagi ibu maupun janinnya. Resep masakan untuk ibu hamil bisa dengan mudahnya anda dapatkan di google.

error: