Cara dan Syarat Membuat SKCK di Kantor Polisi

Cara dan Syarat Membuat SKCK – Ingin mengajukan lamaran atau mengurus dokumen yang mengharuskan anda untuk melampirkan surat keterangan catatan kepolisian? Informasi ini penting untuk anda ketahui bahkan sebelum anda pusing saat hari dimana anda melakukan aktifitas yang disebutkan tadi tiba. Makanya pelajari dulu cara mengurus berbagai dokumen untuk dijadikan referensi saat anda bertindak cepat nantinya.

Mengapa memiliki SKCK itu penting? Ini adalah surat yang menjelaskan tentang rekam jejak anda terkait tindakan yang melawan hukum. Kalau anda adalah orang yang bersih maka pastinya tidak ada jejak kriminal pada surat SKCK tersebut. Apakah ini benar-benar valid? Sepertinya iya, tapi mungkin saja ada orang yang sempat berbuat kriminalitas di kota lain kemudian pindah ke kota lain dan ambil SKCK di kotanya yang baru ikut lolos mendapatkan surat tersebut. Ini masih mungkin disebabkan oleh sistem yang belum terintegrasi sepenuhnya.

cara dan syarat membuat skck

Sekarang agar anda benar-benar bisa disebut bersih dari tindakan melawan hukum, sebaiknya buktikan dan ketahui dulu persyaratan membuat SKCK.

Membuat SKCK Baru

  • Membawa Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan tempat
    domisili pemohon
  • Membawa fotocopy KTP/SIM sesuai dengan domisili yang
    tertera di Surat Pengantar dari Kantor Kelurahan
  • Membawa Pas Foto terbaru dan berwarna ukuran 4×6
    sebanyak 4 lembar
  • Mengisi Formulir Daftar Riwayat Hidup yang telah disediakan di
    kantor Polisi dengan jelas dan benar
  • Pengambilan sidik jari oleh petugas kepolisian

Memperpanjang masa berlaku SKCK lama

  • Membawa lembar SKCK lama yang asli/legalisir (Maksimal telah
    habis masanya selama 1 Tahun)
  • Membawa fotocopy KTP/SIM
  • Membawa Pas Foto terbaru yang berwarna ukuran 4×6
    sebanyak 3 lembar
  • Mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan di kantor
    Polisi

Antara persyaratan penerbitan SKCK baru dan perpanjangan tidak beda jauh, hanya saja kalau anda mau memperpanjang tidak perlu lagi meminta pengantar dari kelurahan. Tapi langsung saja ke kantor Polres terdekat untuk melakukan pengurusan. Dan biasanya di berbagai kelurahan, setelah dapat pengantar kita diminta untuk ke kantor Polsek lalu diarahkan ke Polres setelah dapat surat pengantar dari Polsek tersebut.

error: