Macam-Macam Jenis SIM C Terbaru

Macam-Macam Jenis SIM C Terbaru – Mungkin anda adalah salah satu orang yang penasaran dengan peraturan baru yang dikeluarkan mengenai penggunaan Surat Izin Mengemudi khusus golongan C alias untuk pengendara motor. Sekarang sudah beda dengan yang dulu, ada perubahan dari jumlah jenisnya dan ini penting dipahami oleh pemilik kendaraan agar tidak kena tilang di jalan.

Peraturan yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri tersebut mulai berlaku ada bulan Mei 2016 mendatang. Dan penggantian jenis SIM C baru tersebut sudah bisa dilakukan mulai dari bulan Februari hingga April bagi yang ingin mengganti jika kendaraan anda memang masuk dalam kategori harus ganti SIM. Ini jadi pertanyaan bagi banyak orang, kendaraan seperti apa yang masuk klasifikasi tersebut.

jenis-jenis sim c terbaru

Sesuai dengan Surat Pembaruan bernomor ST/2653/XII/2015, jenis-jenis SIM C yang baru antara lain adalah terdiri dari SIM C biasa, SIM C1 dan SIM C2. Dan berikut adalah penjelasan dari masing-masing jenis.

  • SIM C untuk sepeda motor berkapasitas mesin kurang dari 250 cc, ini lebih cenderung ke motor matic, bebek atau bebek sport seperti BeAT, Mio, New Vixion, Satria dan lainnya
  • SIM C1 untuk sepeda motor berkapasitas mesin 250 cc – 500 cc, ini kebanyakan untuk pemilik motor sport semisal Kawasaki Ninja, Honda CBR atau Yamaha R Series
  • SIM C2 untuk sepeda motor berkapasitas mesin 500 cc ke atas, mungkin ini mengarah ke moge seperti merek Harley Davidson

Bagaimana biaya pembuatan SIM C1 dan C2 yang baru ? Itu sudah ada aturan dan kami sarankan intip di iniHarga.Com di sana sudah dijelaskan lebih detail. Dari pandangan KabarGue.Com, sebenarnya ini sangat baik untuk tidak memberi ruang kepada pengendar ayang belum ahli tapi sudah nekat untuk mengendari motor yang cc-nya lebih besar. Dan bayangkan kalau anda pernah melihat anak SMA yang sudah mengendarai motor sport 250 cc dengan bobot berat, tentu saja ini tidak masuk akal kalau badan mereka masih cungkring, semoga hadirnya sim C terbaru ini bisa meminimalisir pengendara seperti itu.

Bagi anda yang ingin membuat SIM golongan C, C1 dan C2, silahkan datangi kantor Polantas terdekat yang ada di setiap Polres di daerah atau kota dimana anda tinggal. Prosedur pembuatan atau perpanjangan masih tetap sama dengan yang sebelumny. Hanya saja untuk uji lapangan bagi C1 dan C2 akan beda motor, sesuai dengan syarat di atas.

error: