Kapan Sanksi FIFA Untuk Indonesia Dicabut?

Kapan Sanksi FIFA Untuk Indonesia Dicabut? – Mungkin banyak diantara sahabat KabarGue yang sudah tidak sabar melihat tim nasional Indonesia atau klub-klub ISL bertanding di dunia internasional membawa harum nama negeri ini, tapi tunggu dulu karena nampaknya hukuman dari konfederasi sepakbola dunia belum juga dicabut setidaknya sampai bulan November tahun 2015 ini.

Pada 2 November 2015, delegasi FIFA dan AFC telah menyambangi PSSI yang membuktikan kalau otoritas sepakbola Indonesia tersebut sebenarnya masih diakui oleh mereka. Persoalanya sesuai dengan dasar dijatuhkannya saksi waktu itu adalah adanya campur tangan pemerintah. Dan memang dalam statuta FIFA tidak dibenarkan hal tersebut terjadi di setiap anggotanya. Apapun alasannya tidak boleh pihak pemerintah melakukan intervensi langsung ke tubuh PSSI, dan kalau tidak salah SK Pembekuan PSSI jadi inti permasalahan sepakbola negeri ini sehingga berujung tidak ada kompetisi resmi yang salah satu efeknya adalah berkurangnya pendapatan pemain bola di Indonesia.

Kapan Sanksi FIFA Untuk Indonesia Dicabut

Para delegasi FIFA dan AFC yang datang ke Indonesia yang dipimpin oleh Kohzo Tashima (anggota Komite Eksekutif FIFA), Pangeran Abdullah (anggota Komite Eksekutif FIFA) dan Mariano Araneta (anggota Komite Eksekutif AFC) menyatakan cukup senang dengan pertemuan yang dilakukan bersama pihak PSSI dan Pemerintah. Lalu apa hasil pertemuan FIFA dan Pemerintah yang sebenarnya sudah dinanti oleh masyarakat pecinta bola?

FIFA dan AFC ternyata menegaskan bahwa reformasi sepakbola Indonesia harus tetap berada di bawah aturan Statuta FIFA. Itu berarti tidak boleh ada federasi tandingan yang sempat didengungkan oleh kubu pemerintah, namun pemerintah diperbolehkan sebagai pemangku kepentingan dalam proses reformasi tersebut. Pihak FIFA juga akan membentuk komite Adhoc untuk menyelesaikan maslaah ini.

Masalah sepakbola Indonesia akan kembali di bahas dalam rapat Exco pada tanggal 2-3 Desember 2015 mendatang. Di sinilah waktu diputuskan apakah sanksi FIFA untuk Indonesia dicabut atau masih terus berlanjut, dan kuncinya kembali ke pemerintah yaitu mau ikut statuta FIFA atau terus memegang teguh pernyataan mereka yang ingin melakukan reformasi ala mereka yang hasilnya seperti sekarang tidak ada perbaikan menurut kami sebagai pecinta bola yang mengikuti perkembangan bola sejak usia kecil. Lihat saja Timnas U19 sudah bubar, Timnas U16 yang punya prospek juga bubar. Banyak pemain muda yang kini tak lagi semangat menggeluti bola dan mungkin saja ada yang kini banting setir ke kegiatan lain tapi semoga bukan kegiatan negatif.

error: