Profil dan Biografi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Kabinet Jokowi-JK

Profil Menteri Luar Negeri Retno Marsudi – Satu dari delapan wanita yang masuk dalam jajaran personil Kabinet Kerja di bawah komando Bapak Presiden Jokowi adalah pos menteri yang cukup strategis. Kementerian ini hubungannya dengan dunia internasional dan siapapun yang ditunjuk jadi menlu pasti akan jadi perhatian pengamat internasional.

Pemilihan beliau sebagai orang nomor satu di lingkungan Kementerian Luar Negeri tentu melalui berbagai pertimbangan dan pastinya beliau punya kelebihan dibanding calon lain yang sempat dimunculkan baik oleh pengamat maupun media dan bahkan partai politik pendukung pasangan Jokowi-JK. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, ternyata ibu menteri yang satu ini adalah pemegang rekor Duta Besar termuda yang pernah dimiliki oleh negara kita.

Mengapa bisa menjadi yang termuda? Pasti ada keunggulan yang dia miliki secara personal. Menelisik wajah beliau memang kurang garang untuk ukuran Menlu, tapi kepribadian dan ketegasan serta kecerdasannya pasti sudah memukai Pak Presiden. Agar lebih mengenal beliau lebih dalam, ada baiknya kita simak dulu biodata lengkap Retno Marsudi Menlu Kabinet Jokowi-JK yang baru dipilih tanggal 25 Agustus 2014 yang lalu.

Biografi Retno Marsudi Menteri Luar Negeri Kabinet Jokowi-JK

Nama lengkap : Retno Lestari Priansari Marsudi
Tempat dan tanggal lahir : Semarang, 27 November 1962
Umur : 51 tahun
Pendidikan terakhir :
– SMA Negeri 3 Semarang
– S1 di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
– Magister dari Haagsche Hooge School Den Haag
Jabatan terakhir : Duta Besar RI di Den Haag, Belanda

Ibu menteri sudah menjadi seorang Duta Besar sejak tahun 2005 silam, namun sebelumnya ia juga sudah menjabat posisi strategis di lingkungan Kemenlu sebagai Direktur untuk kawasan Eropa dan Amerika. Biografi singkat Retno Marsudi memang cukup cemerlang, beliau punya prestasi bagus dan dari cara beliau berbicara pun cukup melegakan hati karena fokus pada pekerjaan, fokus pada fungsi jabatan dan punya target dalam bekerja.

Seperti yang KabarGue.Com singgung tadi di awal bahwa ada delapan nama wanita di jajaran Kabinet periode 2014-2019, salah satunya asal Papua. Siapa dia? Sialhkan simak ulasan kami dalam profil biografi Yohana Yambise Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

error: