Kronologi Insiden Kecelakaan Crane Jatuh di Masjidil Haram

Kronologi Insiden Kecelakaan Crane Jatuh di Masjidil Haram – Beberapa hari terakhir ketika kegiatan ibadaha haji mulai berlangsung di Arab Saudi ternyata bersamaan dengan musim dimana cuaca cukup buruk. Setelah kota Jeddah dilanda badai pasir, kini giliran kota Mekkah yang mengalami hujan es dan badai yang kemudian mengakibatkan satu alat berat di Masjidil Haram roboh.

Dilaporkan ada beberapa jamaah haji yang tertimpa crane di Masjidil Haram dan ada korban tewas yang jatuh. Dalam berita Al Jazeera dilaporkan 65 jamaah haji tewas akibat insiden tersebut, sebagian jamaah juga mengalami luka-luka. Dan ternyata ada dua korban tewas yang merupakan jamaah asal Indonesia menurut informasi dari dr. Alfarizi, Kepala Seksi Kesehatan Daker Mekkah. Kedua jamaah yang meninggal tersebut berasal dari embarkasi Medan dan Jawa Barat. Sedangkan 29 tamu Allah lainnya asal negara kita juga dilaporkan dirawat di sejumlah rumah sakit di mekkah karena insiden ini (update jam 01:30 wib tanggal 12/9/2015).

insiden kecelakaan crane di masjidil haram

Peristiwa robohnya salah satu crane yang ada di lokasi proyek perluasan Masjidil Haram tersebut terjadi pada saat waktu Shalat Magrib tiba. Cuaca ekstrim sudah terjadi beberap ahari terakhir dan seluruh jamaah haji dan juga warga setempat dihimbau untuk waspada oleh pihak badan kebencanaan Arab Saudi. Kecelakaan di Masjidil Haram kali ini menghentak dunia terutama ummat Islam di seluruh dunia. Pastinya banyak keluarga di Indonesia yang merasa was-was dengan kondisi keluarga mereka yang sudah terbang menuju Arab Saudi untuk menjalankan rukum Islam kelima tersebut.

Dalam proyek perluasan Masjidil Haram ini ada ribuan pekerja yang dipekerjakan, 5 ribu diantaranya adalah pekerja asal Indonesia yang bekerja di berbagai posisi. Kebenaran informasi insiden crane di atas terkait jumlah korban masih mungkin akan berubah. KabarGue akan terus melakukan update jumlah korban tewas kecelakaan Masjidil Haram. Semoga korban asal Indonesia tidak ada lagi dan hanya seperti data yang kami dapatkan di atas.

Berita terbaru lainnya yang KabarGue dapatkan dari negeri tetangga dilaporkan ada enam jamaah haji asal Malaysia yang mengalami luka akibat insiden crane roboh tersebut. Belum ada laporkan ada warga Malaysia yang tewas. Berikut adlaah video kecelakaan crane di Masjidil Haram 11 September 2015.

Renovasi masjidil haram ditargetkan tuntas pada akhir tahun 2016, hal ini pula yang menyebabkan tahun lalu kuota jamaah haji Indonesia mengalami pengurangan karena ada area tertentu di dalam Masjidil Haram masih dalam perombakan dan perluasan.

error: