Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi 2015

Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi 2015 – Akhirnya hari yang paling ditunggu oleh publik datang juga hari ini, Rabu tangal 12 Agustus 2015 dimana Preside Joko Widodo mencopot sejumlah menterinya dan menggantinya dengan orang baru yang sebagian merupakan orang lama di kabinet terdahulu.

Ada lima posisi menteri yang diganti atau dirombal oleh Jokowi, tiga diantaranya adalah posisi menteri koordinator yang masih dipegang oleh orang-orang senior. Yang menarik adalah masuknya salah satu kader PDIP menjadi seskab yang dahulu diisi oleh orang yang masuk dalam timses Jokowi-JK. Lalu ada pengurangan jatah bagi Nasdem yang sebelumnya mendapat jatah di posisi menteri koordinator politik, hukum dan keamanan.

Sebenarnya ada satu posisi menteri yang sangat diharapkan diganti oleh ribuan bahkan jutaan masyarakat pecinta sepakbola nasional pada reshuffle kabinet 2015 yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga yang populer dengan sebutan Menpora yang saat ini diisi oleh Imam Nahrawi. Sayangnya Jokowi masih percaya kader PKB tersebut untuk mengurus kepemudaan dan keolahragaan yang makin carut marut.

Daftar Nama Menteri Baru Hasil Reshuffle Kabinet Jokowi 2015

Dan berikut adalah daftar nama-nama menteri baru kabinet Jokowi-JK 12 Agustus 2015 :

Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet menggantian Andi Widjajanto

Rizal Ramli sebagai Menko Maritim menggantikan Indroyono Susilo

Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil

Luhut Panjaitan sebagai Menkopolhukam menggantikan Tedjo Edhy

Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rahmat Gobel

Sofyan Djalil sebagai Kepala Bappennas menggantikan Andrinof Chaniago

Kembali ke sosok yang pantas jadi menteri, ada sosok lain yang tak kalah mentereng namanya. Dia adalah mantan Panglima TNI, Jenderal Purn. Muldoko sebenarnya sangat cocok untuk mengisi pos Menkopolhukam tapi sayangnya lebih dipercaya kepada sosok yang dekat dengan partai pengusung presiden kita, tentu saja para pengamat politik mengetahui situasi ini.

Bagaimana nasib nama-nama menteri yang diganti pada reshuffle kabinet Jokowi 2015 hari ini? Hanya Sofyan Djalil yang beruntung hanya digeser posisinya. Dan Luhut Panjaitan yang dulu menjadi kepala kantor kepresidenan juga beruntung bisa selangkah lebih maju masuk menjadi menko. Yang apes mungkin Rahmat Gobel karena dianggap gagal mengatasi kesemrawutan perdagangan nasional yang sudah banyak digerakkan oleh orang-orang yang mengaduk ekonomi dan politik untuk kepentingan mereka masing-masing. Sedangkan nama Tedjo dianggap oleh publik cacat gara-gara komentarnya di media dan disebut tidak cakap.

Lalu Andrinof dan Indroyono hingga kini belum membuat terobosan yang bisa merubah tatanan negara sebagai bangsa besar dari sektor maritim dan juga sektor lainnya. Posisi seskab yang dulunya diisi Andi Widjajanto mungkin cukup sensitif juga bagi para tim sukses pada saat pemilu lalu, sosok ini dianggap banyak melakukan blunder walau sebenarnya itu pada level bawahannya yang sempat membuat surat dengan ketikan salah.

error: