Tanggal Jatuhnya 1 Syawal 1437 H atau Idul Fitri 2016

Tanggal Jatuhnya 1 Syawal 1437 H atau Idul Fitri 2016 – Beberapa hari lagi atau tak lebih 100 jam kita akan meninggalkan bulan Suci Ramadhan yang penuh hikmah dan berkah. Maka menyesallah orang-orang yang tidak memanfaata momen Ramadhan sebaik-baiknya untu beribadah dan beramal.

Masyarakat tahun ini kembali akan disuguhi kontroversi kapan lebaran idul fitri digelar. Sudah jauh hari sebelum hari H, pihak organisasi Muhammadiyah sudah mengumumkan akan menggelar shalat Ied pada tanggal 6 Juli 2016. Sedangkan pemerintah dan organisasi Nahdatul Ulama baru akan melakukan pemantauan Hilal dan sidang Isbat pada tanggal 4 Juli 2015. Apakah lebaran akan bersamaan atau harus beda lagi karena cara menghitung kalender hijiryah yang memang beda digunakan.

Tanggal Jatuhnya 1 Syawal 1437 H atau Idul Fitri 2016

Seperti yang kita ketahui bahwa Muhammadiyah sejak dulu sudah menggunakan metode hisab untuk menentukan awal Ramadhan dan juga 1 Syawal, sedangkan pemerintah menentukan metode ruk’yat. Hisab adalah perhitungan secara matematis dan astronomis, sedangkan Rukyat adalah perhitungan dengan melakukan pemantauan hilal di sejumlah titik lokasi. Pertanyaan selanjutnya adalah kapan lebaran idul fitri 2015 versi pemerintah? Jawabannya bisa diketahui hari Kamis malam nanti setelah sidang Isbat.

Bagi anda yang bertanya kapan lebaran Idul Fitri 1437 H versi Muhammadiyah, jawabannya adalah pada hari Rabu 6-7-2016. Itu sudah pasti, tapi kemungkinan bersamaan dengan pemerintah masih sangat terbuka andainya hilal sudah terlihat pada pemantauan hari Kamis di banyak lokasi yang ditentukan panitia pemantauan. Banyak pihak yang memprediksi akan ada lagi hari lebaran yang berbeda. Kalau begini jadinya maka akan banyak versi lagi, karena ada segelintir orang yang tergabung dalam tarekat tertentu bahkan sudah lebaran tanggal 6 Juli.

Sangat menarik, ini hanya terjadi di Indonesia dimana kebebasan berpendapat dan berekspresi sangat dijunjung tinggi. Tapi perbedaan ini juga tidaklah bisa katakan jelek karena metode yang dipakai semuanya benar. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa harus berbeda kalau bisa bersamaan yang bisa menjadikan ummat Islam bersatu. Dan andainya di Arab Sausdi ad ayang melihat Hilal atau belahan dunia lai nda itu bisa dipercaya. Tak ada salahnya kalau seluruh ummat Islam seluruh dunia bersatu merayakan idul fitri bersamaan.

Tanggal berapa lebaran tahun 2016 akan KabarGue update pada hari Senin hari ini sekitar pukul 20:00 wib. Semoga saja sahabat bisa bersabar menunggu informasi yang akan kami kabarkan.

UPDATE TERKINI :

Shalat Ied hari raya Idul Fitri digelar hari Rabu tanggal 6 Juli 2016 sesuai penetapan pemerintah dari hasil sidang Isbat.

error: