Lokasi Shalat Idul Fitri 2016 Seluruh Kota Indonesia

Lokasi Shalat Idul Fitri 2016 Seluruh Kota Indonesia – Setelah mengetahu hasil sidang Isbat penetapan lebaran 2015 yang diadakan oleh Kementerian Agama bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), kini banyak orang yang berkirim ucapan selamat kepada sesama melalu aplikasi chatingg ataupun sosmed. Mungkin saja anda sudah mengirim hal demikian tapi belum mengetahui mau shalat ied dimana.

Bagi yang masih galau dengan lokasi tempat shalat ied besok, KabarGue akan mengabarkan sedikit informasi yang bisa anda manfaatkan. Kita awali dengan kota Banda Aceh yang akan dipusatkan di masjid Baiturrahman, lalu bergerak ke kota terbesar diluar Jawa yairu Medan. Anda yang berada di ibukota Sumatera Utara datang ke Masjid Raya Medan atau yang dikenal juga dengan nama Masjid Al Mashun. Masih di pulau Andalas, bagi yang berdomisili di kota Padang, anda bisa datang ke Masjid Raya Sumatera Barat atau juga dikenal dengan sebutan Masjid Mahligai Minang. Tak lupa juga untuk warga wong kito galo bisa ikut shalat ied di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin.

Beranjak sejenak ke Timur Indonesia, di tanah Papua juga sudah mulai banyak warga muslim yang berharap mendapatkan informasi tempat shalat ied di Jayapura, silahkan datang ke Masjid Raya Baiturrahim untuk ikut shalat berjamaah dengan warga lainnya. Lalu di kota Manokwari ibukota Papua Barat, karena belum ada Islamic Center maka anda bisa datang ke masjid-masjid terdekat. Demikian juga dengan warga yang ada di Fak-Fak, Sorong, Biak, dan yang lainnya.

Lokasi Shalat Idul Fitri

Menyeberang ke kota Ternate, ada masjid raya Al Munawarah yang menjadi pusat berkumpulnya warga ibukota Maluku Utara tersebut untuk ikut shalat ied. Sedangkan di kota Ambon adalah Masjid Raya Al Fatah, bagaimana dengan kota lainnya yang ada di Sulawesi dan Kalimantan? Tentu saja ada sejumlah masjid terbesar di masing-masing kota yang ada di sana yang sangat ramai saat lebaran besok.

Khussu Manado yang dominan warganya adalah non muslim juga tak ketinggalan dengan adanya Masjid Agung Awwal Fathan Mubien. Beregeser sedikit ke arah Gorontalo, juga ada Masjid Agung Baiturrahim yang namanya sama dengan yang ada di kota Jayapura. Masuk ke wilayah Sulawesi Tengah, lebih tepatnya di Palu, anda bisa datang ke Masjid Agung Darussalam. Lalu ke Sulawesi Barat yang beribukotakan Mamuju, ada masjid Raya Syuhada yang dapat anda datangi. Masjid ini punya arsitektur yang cukup indah dan bagus dijadikan bidikan kamera dari kejauhan. Tak lupa du kota lainnay di tanah Celebes yaitu Makassar yang terdapat tiga titik utama yaitu di lpangan Karebos, Masjid Raya Makassar dan Masjid Al Markaz. Kemudian di Kendari ada Masjid Agung Al Kautsar, semoga warga di sejumlah kota tersebut bisa menikmati lebaran denagn lancar dan ibadah berlangsung khusyuk.

Berkunjung ke tanah Borneo, untuk saat ini ada beberapa kota yang ramai penduduknya. Misalnya saja di Kalsel ada dua kota yaitu Banjarmasin yang dipusatkan di Masjid Sabilal Muhtadin yang punya bedug berusia tua. Lalu di kota Banjarbaru dipusatkan di lapangan Murjani tapi juga ada di Masjid Raya Banjarbaru. Di Kaltim, ada beberapa kota besar yang padat penduduk, Bontang misalnya memusatkan shalat ied di beberapa masjid besar di kota rantau tersebut. Begitupula dengan di Balikpapan, Samarida dan Sangata, Balikpapan memusatkan shalat ied di Masjid Agung At Taqwa, Samarinda di Islamic Center kota tersebut, Sangatta di Masjid Agung kota tambang tersebut. Sedangkan di Pontianak akan berpusat di Masjid Raya Mujahidin, di Palangkaraya dipusatkan di Masjid Darussalam.

Tiga kota yang ada di jajaran Bali Nusa Tenggara juga tak akan terlupakan, Kupang yang mayoritas penduduknya juga non muslim akan berpusat di Masjid Al-Baitulqadim . Kemudian di Denpasar, anda bisa datang ke Masjid Agung Sudriman. Memanng unik di dua kota tersebut karena mayoritas penduduknya adalah non musmil, tapi NTB adalah salah satu pusatnya perkembangan Islam di nusantara dan kota Mataram sebagai kota terbesar di pulau Lombok shalat idul fitrinya yang dilaksanakan di Islamic Center.

Sudah lengkap dari luar Jawa, sekarang kembali ke pulau terpadat yang jumlah pemudiknya sangat luar biasa banyak. Di Jakarta ada masjid Istiqlal, tapi bukan hanya itu karena sejumlah masjid besar juga menyelenggarakan. Di Depok misalnya akan banyak yang memilih datang ke Masjid Kubah Emas. Di Bandung pastinya Masjid Raya Bandung yang jadi tujuan utama warganya untuk shalat ied. Lalu di Surabaya ada masjid Al-Akbar, kemudian di Solo ada mesjid Agung, Bekasi ada Masjid Al-Barkah, Bogor di Mesjid Rayanya, di Tangerang ada Masjid Al Azhom. Semuanya akan memulai shalat ied pada jam 07:00 waktu setempat, jadi jangan lupa bangun lebih awal dan siapkan diri anda untuk shalat sekitar satu jam lebih.

error: