Niat Shalat Tarawih dan Witir di Bulan Ramadhan

Niat Shalat Tarawih dan Witir di Bulan Ramadhan – Kewajiban seorang Muslim jika bulan suci Ramadhan tiba adalah berpuasa di siang hari dan mendirikan sholat tarawih serta sholat witir di malam hari. Itu hanya dua dari banyak ibadah yang seharusnya anda kerjakan agar mendapatkan limpahan pahala dari Allah SWT.

Mungkin masih banyak anak muda atau yang masih di bawah umur yang belum mengerti apa itu Tarawih dan juga Witir. Untuk itu sebelum masuk ke lafadz niatnya, KabarGue mau jelaskan sedikit mengenai perbedaan keduanya. Shalat tarawih atau yang kerap juga disebut taraweh atau tarwih oleh banyak orang adalah salat sunnat yang dikerjakan hanya di dalam bulan Ramadhan pada waktu selesai mengerjakan shalat Isya. Jumlah rakaatnya genap yaitu 8 atau bisa juga sampai 20 rakaat.

Ada sedikit informasi yang mungkin tak banyak diketahui bahwa ternyata Rasulullah hanya 3 kali mengerjakan shalat Tarawih secara berjamaah, mengapa hal tersebut beliau lakukan? Karena beliau takut ummatnya akan diwajibkan mengerjakan sholat tarawih secara berjamaah, info ini berdasarkan salah satu hadits yaitu:

“Sesungguhnya aku khawatir (salat itu) akan diwajibkan atas kamu sekalian”. (Hadits Riwayat Thabrani dan Ibnu Nashr)

Untuk lebih jelasnya mengenai hadist ini mungkin anda pelru belajar banyak dari para ulama yang anda kenal atau menulik info yang lebih dalam dari para ustadz yang ada di lingkungan anda yang dianggap lebih paham. Sedangkan shalat witir adalah sholat sunnat yang dikerjakan pada waktu malam dengan rakaat ganjil mulai dari waktu setelah mengerjakan shalat Isya sampai masuk waktu Subuh. Witir juga dikatakan sebagai penutup dari seluruh kegiatan shalat di malam hari.

Niat Shalat Tarawih dan Witir di Bulan Ramadhan

salat berjamaah di salah satu mesjid

Kedua shalat tadi adalah merupakan sunnat muakkad atau yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan, Untuk itu maka wajiblah rasanya kalau anda harus mengetahui lafadz niat Sholat Tarawih, berikut adalah bacaan yang kami ambil dari salah satu sumber yang terpercaya.

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ مَأْمُومًا/إِمَامًا للهِ تَعَالَى

Latinnya : “Ushalli sunnatat taraawiihi rak’ataini (ma’muman/imaaman) lillahi ta’aalaa”

Artinya : “Aku niat Salat Tarawih dua rakaat (menjadi makmum/ imam) karena Allah Ta’ala”

Yang tadi itu jika anda kerjakan dengan berjamaah, kalau yang di bawah ini kalau anda kerjakan sendiri-sendiri di rumah atau tempat lain.

أُصَلِّى سُنَّةَ التَّرَاوِيحِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالَى

Latinnya : “Ushalli sunnatattarawihi rak’ataini lillahi ta’ala”

Artinya : “Aku niat Salat Tarawih dua rakaat karena Allah Ta’ala”

Cukup pendek dan sangat mudah untuk anda ingat, bukan hanya dewasa tapi mungkin anak-anak juga akan mudah menghafalnya. Lalu bagaimana dengan shalat sunnah yang kedua di malam Ramadhan, inilah lafadz niat Sholat Witir yang juga KabarGue peroleh dari salah satu sumber terpercaya.

ﺃُﺻَﻠِّﻲْ ﺳُﻨَّﺔَ ﺍﻟْﻮِﺗْﺮِ ﺛَﻠَﺎﺙَ ﺭَﻛَﻌَﺎﺕٍ ﻣُﺴْﺘَﻘْﺒِﻞ َ ﺍﻟْﻘِﺒْﻠَﺔِ ﻣَﺄْﻣُﻮْﻣًﺎ ﻟِﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

Latinnya : Ushalli sunnatal witri tsalatsa raka’atain mustaqbilalqiblati ma’muman lillahi ta’ala

Artinya : Saya niat sholat witir tiga rokaat dengan menghadap qiblat menjadi
mamum karena Allah ta’ala

Yang di atas tadi adalah niat untuk shalat witir 3 rakaat, namun ada pula yang dikerjakan 1 rakaat biasanya dipasangkan dengan tarawih 20 rakaat.

Bagaimana dengan puasa anda hari ini? Apakah lancara dan aman-aman saja. Sempatkanlah tidur siang beberapa menit agar anda kuat begadang mengerjakan shalat sunnah dan wajib di malam hari. Mungkin anda juga perlu mengetahui yang membatalkan puasa agar semuanya menjadi sempurna. Usahakanlah untuk menjaga hati, pikiran, mata, mulut hingga pendengaran agar puasa anda tidak rusak di tengah jalan, di malam haripun harus tetap demikian.

Beragam kemeriahan ada pada saat bulan suci tersebut tiba, mulai dari aneka ragam kegiatan hingga menu-menu yang tersedia di meja makam. Adapun do’a buka puasa dan niat sahur di bulan Ramadhan juga menjadi hal yang tak boleh anda lewatkan untuk dipelajari. Ini juga penting, sepenting kedua informasi di atas yang telah KabarGue ulas untuk anda dan semoga semuanya bermanfaat bagi kita semua, mohon koreksinya jika ada yang dianggap keliru melalu komentar.

error: