Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh – Tak terasa kita akan bertemu lagi dengan bulan Ramadhan di mana semua milyaran umat muslim di dunia melaksanakan ibadah Puasa, rasanya baru kemarin kita merasakan betapa indahnya suasana lebaran idul fitri. Alhamdulillah sekali lagi tahun ini kita masih bisa di beri kesempatan untuk bertemu dengan bulan Ramadhan yang mulia ini. Bulan Ramadhan merupakan anugrah dari sang ilahi yang sangat berharga bagi setiap umat muslim di dunia, karena pada bulan Ramadhan inilah Allah telah membukakan seluas-luasnya yaitu pintu keberkahan, pintu Rahmat, dan pintu Ampunan (magfiroh).

Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan sebulan penuh menjadi kewajiban bagi seluruh umat Muslim di seluruh dunia. Tentunya perkara kesehatan tetap tidak boleh dilupakan selama Ramadhan ini agar siap menyambut lebaran. Lantas apakah puasa baik bagi kesehatan? Sehat itu mahal harganya, Kesehatan merupakan nikmat yang tidak dapat dinilai dengan harta benda. Untuk menjaga kesehatan, tubuh perlu diberikan kesempatan untuk istirahat. Ibadah puasa Ramdhan yang menuntut kita untuk tidak makan, minum, dan melakukan perbuatan-perbuatan lain yang membatalkan puasa dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani.

Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan Tubuh

Puasa merupakan momen atau ajang yang penting dalam meningkatkan kondisi spiritual seseorang, selain dari peningkatan spiritual puasa juga memiliki keutamaan dalam menjaga kesehatan tubuh. Menurut teori ilmu kesehatan bahwa seseorang mudah terkena penyakit karena pola makan yang tidak teratur. Alat pencernaan merupakan sumber segala penyakit, maka cara mengatasi penyakit itu ialah hanya dengan cara berpuasa. Data statistik membuktikan bahwa sekitar tiga ratus orang di Barat terbebaskan dari berbagai penyakit yaitu diabetes karena melakukan ibadah puasa. Allah berjanji akan memberikan berkah kepada orang yang berpuasa. Seperti ditegaskan sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim “Berpuasalah maka kamu akan sehat”.

Dan juga dalam Al Qur’an disebutkan dalam firman Allah SWT :

’Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa” (Q,S. 2:183)

Secara medis puasa merupakan ajang untuk melatih segala sesuatu dalam sistem organ tubuh, mulai dari melatih kesabaran, yang mana pada hakikatnya dengan melatih kesabaran dimana kita bisa menekan yang namanya emosi, stres dan lain-lain. Nah stres ini juga dapat menimbulkan penyakit-penyakit lain terhadap organ tubuh kita seperti Hipertensi, Maag. Lantas apa manfaat puasa bagi kesehatan kita?

Semua yang kita makan, terkadang kalau tidak di imbangi dengan olahraga yang proposional dengan teratur dan baik, ini akan menjadi masalah bagi lemak, dengan melakasanakan ibadah puasa lemak-lemak yang ada pada organ tubuh kita ini akan terbakar. Prosesnya adalah tatkala pada saat orang kelaparan di siang hari yang mana perut dalam keadaan kosong, organ-organ mulai merasa kelaparan dan stress, nah dalam proses itulah si lemak akan di rubah dan membentuk suatu energi yang menghasilkan suatu lemak yang baik untuk tubuh kita, yaitu HDL (High-Density Lipoprotein). Tujuan lemak ini untuk menghapus semua flek-flek yang ada di dalam tubuh.

Selama menjalankan ibadah puasa, idealnya kita hanya memasukkan sekitar 500-800 kalori. Berbeda dengan kita mengkonsumsi harian di saat kita sedang tidak berpuasa asupan kalori mencapai 200 kalori pada wanita dan 2500 pada pria. Turunnya jumlah asupan kalori ini ternyata sangat berdampak pada turunnya tingkat pertembubuhan hormon yang terkait dengan kanker dan diabetes. Sebuah studi yang diterbitkan dalam journal Science Translation Medicine (Amerika). Menyebutkan ternyata dengan kita berpuasa dapat membantu melawan penyebaran sel-sel kanker dan memperlambat pertumbuhan penyebaran tumor. Karena pada saat berpuasa sel-sel kanker akan menjadi lemah karena tidak mendapatkan asupan nutrisi, sehingga sel-sel kakner akan mati.

Puasa juga bisa memperlambat penuaan, pembatasan jumlah kalori makanan adalah salah satu cara yang telah efektif dan terbukti dapat memperlambat penuaan. Serta mencegah penyakit yang sering timbul pada usia lanjut. Umumnya terjadi pengurangan jumlah kalori yang di asup hingga 10-40 persen dari kebutuhan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan, dengan mengurangi jumlah kalori ternyata bisa memperpanjang usia harapan hidup, menurunkan resiko kanker, mencegah penyakit seperti diabetes, ginjal, tekanan darah bisa membaik, kolesterol turun.

Puasa juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, hasil penelitian di Osaka, Jepang. Berpausa memasuki hari ketujuh jumlah sel darah putih akan meningkat, penambahan ini berlnagsung dengan cepat. Pengingkatan sel darah putih ini secara otomatis akan meningkatkan daya tahan tubuh. Orang yang menjalankan puasa dengan mengikuti cara Rasulullah SAW akan mampu menjaga kesehatan tubuhnya yang merupakan modal utama dalam setiap pelakasanan ibadah. Hal ini terbukti dalam dunia kedokteran saat ini seorang pasien yang akan melaksanakan operasi.

error: