Malam Nisfu Sya’ban 2015 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Malam Nisfu Sya’ban 2015 Jatuh Pada Tanggal Berapa? – Walaupun sudah lewat, malam tersebut ternyata banyak dibicarakan oleh para netizen di dunia maya. Akhir-akhir ini setelah perkembangan teknologi begitu berpengaruh terhadap sendi-sendi kehidupan masyarakat ternyata itu berdampak pula pada penyebaran informasi yang sangat cepat dan jangkauannya sangat luas. Memang terjadi kontroversi di kalangan netizen karena ada beberapa orang yang mendapat informasi bahwa mala tersebut jatuh pada 2 Juni, tapi informasi yang tersebar di banyak media nasional terpercaya adalah pada 1 Juni 2015 atau hari Senin.

Jadi pertanyaan tentang malam nisfu sya’ban jatuh pada tangal 1 atau Juni 2015 sudah sedikit terjawab melalui statement di atas. Nisfu Syaban adalah malam yang baik yaitu pertengahan bulan Sya’ban pada kalender tahunHijriyah. Tahun ini sudah memasuki 1436 H dan malam ini juga mendakan waktu kian dekat memasuki bulan suci Ramdhan, ini dapat menjadi peringatan kepada ummat muslim untuk mempersiapkan diri menjelang bulan yang penuh dengan maghfirah tersebut.

Malam Nisfu Sya'Ban 2015 Jatuh Pada Tanggal Berapa?

Amalan-amalan apa saja yang wajib dilaksanakan pada malam nisfu sya’ban ternyata tidak pelru melakukan ritual khusus. Menurut info yang KabarGue kutip dari Kompas yang diutarakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Bidang Seni dan Budaya Cholil Ridwan bahwa ummat muslim cukuplah mengisi malam tersebut dengan ibadah saja seperti membca Al-Qur’an, berzikir, membaca surat Yasin dan sebagainya. Adapun berpuasa pada pada setengah bulan Sya’ban menurut beliau adalah sunnah, bukan kewajiban. Sama halnya dengan membca Surat Yasin karena tidak ada tuntunannya.

Yang terpenting adalah kita sebagai muslim beribadah dengan khusuk dan menjalankan semua ibdah yang wajib, KabarGue juga berharap tidak ada yang terjebak pad apemikiran yang justru melenceng dari tradisi Rasulullah. Mungkin ada baiknya membaca informasi yang lebih jelas dari sejumlah media terpercaya agar mengetahui lebih jauh tentang malam Nisfu Sya’ban. Nah, karena di sosial media tadi malam ramai netizen yang meminta maaf maka itu juga tidak jadi masalah karena memang sudah akan memasuki bulan Ramadhan maka wajib saling memaafkan. Tapi apakah ini adalah sebuah kewajiban dalam malam Nisfu Sya’ban? mungkin sama halnya dengan membaca surat Yasin tadi. Tapi bukan berarti itu dilarang, itu adalah amalan / ibadah yang justru sangat baik dikerjakan.

Bagi teman-teman yang luput dari malam tersebut, KabarGue harap tidak lagi luput dari momen selanjutnya. Sebaiknya anda mencari tahu tentang tanggal berapa masuk 1 Ramadhan 1436 H / 2015, karena kalau ini yang lewat cuma satu kata yang layak dikatakan pada anda, TERLALU.

error: