Hasil Sidang Isbat 2015 Tadi Malam, Awal Puasa Mulai Kamis 18 Juni

Hasil Sidang Isbat 2015 Tadi Malam – Awal puasa versi pemerintah mulai hari Kamis tanggal 18 Juni besok, jadi bagi yang ingin menjalankan shalat Tarawih di malam pertama Ramadhan 1436 H, jangan lupa ke masjid terdekat nanti malam. Marhaban ya Ramadhan mulai menggema di seluruh pelosok nusantara dan seluruh dunia, tak hanya di negeri yang banyak terdapat kaum Muslim tapi juga di negara barat dan Amerika.

Karena sejak beberapa tahun terakhir atau setelah memasuki era reformasi, kebebasan berpendapat makin luas di segala aspek termasuk penentuan awal puasa 2015 tahun ini. Salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia yaitu Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 18-6-2015 dengan metode Hisab. Sedangkan pemerintah dan Nahdatul Ulama yang juga merupakan organisasi Islam yang besar di negeri ini menetapkan masuknya puasa dengan metode Rukyat atau melihat bintang.

Hasil Sidang Isbat 2015 Tadi Malam

Diantara keduanya tidak ada yang salah atau paling benar, dan hasilnya juga diterima oleh semua pihak, tergantung masyarakat mau ikut metode yang mana. Dan pada saat sidang isbat digelar Kemneterian Agama pun, perwakilan Muhammadiyah dan organisasi lainnya ikut dalam pertemuan tersebut untuk dimintai pendapatnya. Dan setelah melakukan pemantau di sejumlah titik kemarin, akhirnya keputusan sidang sibat 2015 menetapkan 1 Ramadhan 1436 H jatuh pada hari Kamis besok tanggal 18 Juni sama dengan yang ditetapkan pihak Muhammadiyah beberapa waktu yang lalu. Penyebabnya adalah karena Hilal belum terlihat kemarin sehingga bulan Sya’ban digenapkan menjadi 30 hari.

Bagi masyarakat yang sudah melek teknologi, berkirim kata ucapan selamat menyambut puasa Ramadhan 2015 adalah sesuatu yang banyak dilakukan. Bahkan mulai dari kaum anan-anak, remaja, dewasa hingga orang tua melakukannya, ini dianggap sebagai ajang menjalin tali silaturrahim paling efektif karena bisa bermaafan dan menyapa sahabat, teman, keluarga atau kenalan yang terpisah jauh atau tidak sempat bertemu sebelum masuk bulan puasa. Menggunakan fasilitas SMS hingga sosial media adalah hal yang sepertinya wajib saat ini, operator telekomunikasi kembali akan panen di awal Ramadhan dan puncaknya nanti pada saat sebelum dan sesudah lebaran idul fitri.

Yang tak kalah menariknya sebelum masuk bulan puasa adalah tradisi mudik atau pulang kampung. Sejumlah kota besar seperti Surabaya, Bandung, Medan dan Makassar menjadi tujuan utama para pemudik, arus penumpang dari luar Jawa ke Jawa sangat padat dan begitu juga sebaliknya dari Jakarta ke kota-kota yang ada di Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, Kalimantan juga sangat tinggi.

error: