Do’a Qunut Dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Do’a Qunut Dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya – Bagi banyak masyarakat terutama kalangan muda mungkin salah satu do’a ini yang kerap diabaikan, bahkan kaum dewasa pun banyak yang tidak menghafalnya. Padahal dari sisi ibadah ini sangat penting, walaupun qunut adalah sunat tapi merupakan yang dianjurkan.

Do’a qunut dibaca pada saat kita shalat Subuh, pada saat antara shalat tarawih dan witir setelah malam ke-15 bulan Ramadhan dan juga pada saat ada kejadian berupa musibah atau do’a qunut nazilah. Lumayan pendek bacaannya, tidak sampai satu halaman tapi kenapa bisa banyak yang susah menghafalnya. KabarGue sempat mendengar tausiyah dari seorang ustadz bahwa kalau sulit menghafalkan do’a, ayat-ayat Al-Qur’an terutama, biasanya di pikiran orang yang mau menghafal itu masih banyak pikiran maksiat. Jadi kalau mau cepat menghafalkannya, sebaiknya jernihkan pikiran dan lebih bagus lagi menghafalnya setelah selesai shalat.

Do'a Qunut Dalam Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

Agar sahabat KabarGue tidak penasaran dengan do’a qunut lengkap, silahkan dilihat selengkapnya di bawah ini.

DO’A QUNUT ARAB

اَللّهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ، وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ، وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ، وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَقِنِيْ شَرَّمَا قََضَيْتَ، فَاِ نَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضَى عَلَيْكَ، وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ، وَلاَ يَعِزُّ مَنْ عَادَيْتَ، تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ، فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ، وَاَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ، وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

DO’A QUNUT LATIN

Allahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa athaiit. Wa qinii bi rahmatika syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Wa innahu laa yudzillu man waalaiit. Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit astaghfiruka waatuubu ilaiik, wasollauallahuaala sayyidina muhammadin-nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Terjemahannya :

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. BErilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pda segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena, sesungguhnya Engkaulah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engaku beri kekuasaan. Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah engkau pastikan. Aku mohon ampun dan kembalilah (taubat) kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat, berkah dan salam atas nabi Muhammad beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Antara do’a qunut subuh dan do’a qunut antara shalat Tarawih dan Witir sama saja. Yang berbeda adalah qunut nazilah yang dibaca setiap mengerjakan shalat fardhu karena di dalamnya terkandung do’a dari sebuah musibah yang menimpa kita atau orang lain yang kita do’akan. Namun untuk lebih jelasnya sebaiknya sahabat KabarGue konsultasikan kepada orang yang lebih memahami yaitu para ulama atau ustadz yang terdekat dari rumah anda. Karena ada pula do’a qunut pendek yang kerap dicari oleh sahabat KabarGue yang lain. Jika ada kesalahan dalam artikel ini, mohon dikoreksi dengan mengirimkannya melalui kontak kami, terima kasih.

error: