Do’a Buka Puasa dan Niat Sahur di Bulan Ramadhan Yang Wajib Anda Ketahui

Do’a Buka Puasa dan Niat Sahur di Bulan Ramadhan – Sejumlah do’a-do’a yang wajib anda ketahui pada saat sudah memasuki bulan suci yang penuh berkah diantaranya adalah yang berkaitan dengan berbuka dan makan di subuh hari. Ini penting karena dari sinilah awal dan akhir dari sebuah ibadah puasa yang anda jalani, kalau niatnya kurang maka pasti kekhusyukan ibadah akan berkurang pula.

Santapan enak dan lezat selalu tersaji pada saat Ramadhan tiba, semua bersuka ria menyambut bulan penuh ampunan tersebut. Anak-anak hingga dewa berlomba untuk berbuat kebajikan, mendirikan shalat, bersedekah, dan tentunya yang utama dadalah berpuasa dan shalat tarawih. Tapi ibadah tersebut pada dasarnya wajib dijalankan, jangan sampai anda berpuasa tapi tidak shalat lima waktu atau sebaliknya karena itu adalah sebuah kesalahan fatal dan pastinya mendapat catatan dosa dari Allah SWT.

Do'a Buka Puasa dan Niat Sahur di Bulan Ramadhan

Sekarang kita mulai dari bacaan niat puasa saat makan sahur Ramadhan, dikutip dari salah satu situs bernama islamqa dot info disampaikan dalam sebuah artikelnya yang ditanyakan oleh seseorang yang menganggap bahwa hanya do’a dalam berbuka yang ada dan pada saat sahur tidak ada. Ternyata pada saat sahur memang tidak ada doa khusus yang diucapkan, hanya saja dianjurkan untuk membaca bismillah pada awal sebelum menyantap hidangan sahur dan pada saat telah selesai menyantapnya diakhir dengan membaca hamdalah. Hal tersebut dilakukan setiap makan sahur anda di bulan Ramadhan.

Akan tetapi dari situs berbeda yaitu rukun Islam dot com menyampaikan dalam artikelnya bahwa ada satu lafadz niat sahur di bulan Ramadhan yang wajib anda bacakan sebelum makan sahur. Bacaannya seperti di bawah dalam tulisan Latin.

“Nawaitu saumaghadin an’adai fardi syahri ramadhana hadzihissanati lillahita’ala”

Lalu dalam bahasa Indonesia artinya adalah sebagai berikut :

“Sengaja saya berpuasa hari besok menunaikan fardhu Ramadhan tahun ini karena Allah ta’ala”

Jika melihat kebenaran dari keduanya, anda seharusnya bertanya dulu kepada ustadz terdekat dari lingkungan anda agar lebih yakin dengan apa yang harus diikuti. Namun sedikit informasi bahwa sejak kecil banyak orang tua yang mengajarkan kepada anak-anaknya tentang do’a makan sahur seperti yang disebutkan pada do’a nomor dua di atas.

Lalu untuk do’a berbuka puasa di bulan Ramadhan hampir semua orang bahakn di televisi atau media pun menayangkan dengan lafadz seperti di bawah.

“Allahuma laka shumtu wabika amantu wa ‘ala rizqika aftartu birahmatika ya arhama rohimin”

Artinya dalam bahasa Indonesia adalah :

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka, Maha besar Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”

Menghafal kedua do’a di atas adalah sudah menjadi kewajiban anda sebagai seorang muslim, akan tetapi dengan belajar pada orang yang lebih mengetahui seperti guru agama, imam masjid atau ikut dalam pesantren kilat adalah sesuatu yang sangat bagus untuk menambah ilmu pengetahuan anda sebagai seorang Muslim yang taat. Menu buka puasa dan sahur sehat selama Ramadhan juga perlu diperhatikan, anda tidak boleh berlebihan dalam makan makanan yang tersaji.

Agar setiap waktu anda bisa menjalankan ibadah tepat waktu, ada baiknya kalau anda sempatkan untu download jadwal buka puasa 2015 yang KabarGue telah update sebelum memasuki bulan suci Ramadhan bahkan sudah ribuan orang yang telah masuk untuk mengunduhnya. Karena anda sudah niat puasa Ramadhan maka sudah seharusnya tak lagi mengumbar emosi di jalan, jagalah hati dan saling menghormati adalah sesuatu yang indah. Ibadah lancar, jiwa pun tenang hingga waktu berbuka tiba nanti.

error: