Jadwal dan Cara Pendaftaran SBMPTN 2017 Online

Jadwal dan Cara Pendaftaran SBMPTN 2017 Online – Berhubung pengumuman SNMPTN 2016 sudah digelar beberapa waktu yang lalu maka banyak siswa yang tidak lolos di rangkaian tes jalur pertama tersebut yang kini memalingkan perhatiannya pada jalur yang lain dan cukup banyak kuota yang disediakan oleh sejumlah universitas negeri yang tergabung di dalamnya.

Mungkin masih ada diantara adik-adik yang baru lulus sekolah menengah atas yang masih belum mengetahui banyak tentang jalur penerimaan mahasiswa baru ini. SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri dan banyak kampus favorit yang masuk dalam daftar pilihan kalau anda ikut bersaing memperebutkan satu kursi. Hampir di setiap kota besar ataupun kota kecil bahkan sudah ada universitas yang bisa menjadi pilihan anda termasuk yang paling favorit yaitu UI, ITB, UGM, ITS, UNHAS, UNSU, UNSRI dan yang lainnya.

Agar adik-adik yang berniat melanjutkan pendidikan ke jenajng perguruan tinggi bisa mengikuti jalur seleksi ini, sebaiknya anda luangkan sedikit waktu untuk mempelajari tata cara pendaftaran online SBMPTN 2017 yang telah KabarGue buat rangkumannya di bawah ini.

Jadwal dan Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2017 Online

daftar online sbmptn 2016

Pertama-tama anda lakukan adalah dengan mengunjungi website resminya di https://pendaftaran.sbmptn.or.id/, di situ ada beberapa pilihan. Sesuaikan dengan apa yang anda miliki atau dengan kata lain anda memiliki apa sebelum mendaftar online. Kemudian selanjutnya setelah klik pilihan di awal tadi akan muncul halaman berikutnya berupa pengisian nama lengkap dan tanggal lahir.

Yang kedua setelah langkah di atas akan muncul halaman berikutnya setelah klik daftar yaitu halamn untuk mencetak slip pembayaran, datanya berisi nama anda, KAP dan PIN. Pembayaran dapat dilakukan melalui dua bank yaitu Mandiri (Teller semua cabang Bank Mandiri, ATM Mandiri, ATM Bersama, SMS Banking dan internet Banking) dan BNI yang hanya bisa dibayar melalui teller di setiap kantor cabang bank BNI di seluruh Indonesia. Biaya yang harus dibayarkan oleh setiap calon peserta adalah Rp 100.000 dan ada batas waktu pembayaran yang tertera di slip tadi, harap diperhatikan hal tersebut agar dimudahkan langkah anda.

Ketiga adalah tahapan setelah pembayaran, anda diminta kembali login ke situs resmi SBMPTN berbekal PIN dan KAP serta kode pembayaran dari bank tentunya.

Cukup mudah tapi langkah-langkahnya, tapi ingat bahwa jadwal pendaftaran SBMPTN 2017 sudah dimulai sejak tanggal 25 April 2016 pukul 08.00 WIB, pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Khusus bagi peserta Bidikmisi yang mengikuti SNMPTN 2016, Pendaftaran Online SBMPTN 2016 dibuka mulai tanggal 11 Mei 2016 pukul 08.00 WIB, pada laman https://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tatacara pengisian borang pendaftaran online klik http://download.sbmptn.ac.id.

Di seluruh Indonesia ada sekitar 74 PTN yang ikut ambil bagian dalam SBMPTN 2016 ini. Salah satu yang terfavorit dan sepertinya menjadi sasaran utama yaitu Universitas Indonesia. Kabarnya UI akan menyediakan sekitar 1300 kursi untuk para calon maba yang mendaftar. Menariknya bukan hanya lulusan 2016 saja yang beloh ikut daftar SBMPTN 2017, yang lulus 2015 dan 2014 masih dibolehkan. Selain itu semua siswa lulusan pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) dan sederajat, termasuk Paket C bisa ikut mendaftar. Semoga saja anda smeua bisa mendapatkan pencerahan setelah membaca seluruh kabar dari kami, tapi jangan lupa siap-siap untuk mudik dan jangan lupa lihat jadwal penjualan tiket kereta api tambahan lebaran 2017 yang kabarnya sudah sold out untuk jam keberangkatan tertentu ke berbagai kota di Jawa.

error: