Akhirnya FIFA Jatuhkan Sanksi Untuk Indonesia (PSSI)

Akhirnya FIFA Jatuhkan Sanksi Untuk Indonesia (PSSI) – Selamat kepada Menpora yang telah menghancurkan persepakbolaan negeri ini, untuk pertama kalinya dalam sejarah negara kita dijatuhi hukuman oleh federasi sepakbola dunia. Perjuangan para pendiri organisasi dimasa lalu terasa dikhianati oleh segelintir orang yang memaksakan kehendak untuk kepentingan yang tak jelas.

Disebutkan dalam statuta FIFA bahwa tak satupun pemerintahan suatu negara bisa melakukan intervensi kepada federasi yang bernaung di bawah FIFA. Dan PSSI periode sekarang yang dipimpin Pak La Nyalla Mattalitti cukup legitimit dan diakui keberadaannya oleh organisasi sepakbola terbesar tersebut. Dan alasan FIFA menjatuhkan sanksi suspend kepada Indonesia adalah karena adanya SK Pembekuan PSSI. Walaupun sebenarnya SK tersebut sudah dimentahkan oleh putusan sela PTUN tapi itu bersifat sementara sehingga mereka tidak mau menerima alasan tersebut hingga Menpora yang terhormat dan paham sepakbola itu mau mencabut surat keputusannya.

Sebelum sanksi ini dijatuhkan, ada salah satu medi anasional yang ternyata sudah membeberkan berita bahwa PSSI menipu pecinta bola dengan ancaman sanksi tersebut karena Indonesia tidak dibahas dalam kongres FIFA. Memang benar tidak dibahas di kongres tapi dibahas dalam sidang eksekutif komite FIFA dan dari hasil sidang tersebut FIFA resmi jatuhkan sanksi ke Indonesia dalam hal ini seluruh kegiatan sepakbola internasional yang terkait dengan PSSI atau Timnas Indonesia tidak boleh dilakukan dan negara yang berani bertanding dengan tim asal negara kita juga akan kena sanksi jika melakukannya. Termasuk laga Persipura vs Pahang FA sudah resmi batal gara-gara sanksi ini, kecuali dalam waktu dekat ada kejelasan dari pihak Menpora.

FIFA Jatuhkan Sanksi Untuk Indonesia

FIFA sanksi Indonesia

Namun harapan untuk melihat aksi para pemain Timnas U23 di ajang Sea Games masih terbuka lebar, kabarnya PSSI berhasil melobi FIFA untuk meloloskan pertandingan ini, anda harus nonton dan beri dukungan kepada Evan Dimas dan kawan-kawan, catat jadwal Timnas U23 di Sea Games 2015 Singapura. Yang paling menyakitkan nanti kalau sanksi tersebut tidak secepatnya dicabut adalah Indonesia akan gagal ikut Pra Piala Dunia yang mulai digelar awal bulan Juni tahun ini. Tentu saja hal tersebut sangat menyakitkan karena inilah pertaruhan nama baik bangsa, dari sinilah negara dihormati melalui jalur sepakbola dan inilah alat pemersatu bangsa yang paling efektif.

Sekali lagi anyak pihak yang menyangkan sikap egoisme yang ditunjukkan Menpora dan ternyat Pak Jokowi selaku Presiden mendukung sikap menterinya tersebut. Para pengamat sepakbola yang murni pengamat sepakbolapun ikut menyayangkan kedua tokoh tersebut, kecuali Pak JK yang memang paham kondisi sudah menyerukan kepada Menpora agar mencabut SK yang ia keluarkan.

FIFA resmi banned Indonesia per 30 Mei 2015 sudah jadi pemberitaan hangat di media dan perbincangan serius para netizen di sosial media. Dan bagi sahabat KabarGue yang ingin melihat isi surat sanksi FIFA untuk Indonesia tersebut ada di bawah.

isi surat sanksi fifa kepada indonesia

surat sanksi FIFA

Agar sanksi tersebut dicabut, ada 4 hal yang harus dilakukan PSSI dan Menpora selaku faktor penyebab dijatuhkannya hukuman tersebut, antara lain:

1. PSSI harus independen bebas dari intervensi pihak ketiga / cabut SK pembekuan Menpora
2. Wewenang pengelolaan Timnas harus tetap di tangan PSSI
3. Wewenang pengelolaan kompetisi tetap menjadi tanggung jawab PSSI
4. Klub-klub anggota PSSI harus tetap mengikuti kompetisi yang dikelola oleh PSSI

Kabarnya pihak Menpora akan menggelar KLB untuk mengganti kepengurusan PSSI dengan adanya sanksi ini, padahal seperti kita ketahui pihak PSSI yang pimpin LNM masih diakui oleh FIFA dan rasanya tidak mungkin FIFA begitu saja langsung percaya dengan Menpora yang sudah pernah merecoki federasi anggotanya. Tapi kita tunggu saja langkah yang diambil pemerintah selanjutnya dan bagaimana tanggung jawab Menpora kepada dunia sepakbola negara yang kita cintai ini. Salah satu syarat paling utama agar suspend ini dicabut adalah Menpora harus cabut SK Pembekuan PSSI.

error: